Assalamu'alaikum

Semoga apa apa yang telah tertulis bisa menjadikan bahan renungan dan bahan pijakan bagi saya tuk bisa berubah menuju yang lebih baik

Minggu, 21 Maret 2010

HIKMAH DIBALIK MUSIBAH

Wahai saudaraku, setiapsaat kita pasti tidak akan luput daripada namanya cobaan hidup. Hari ini,besok atau kemarin mungkin kita dapat senyum dan merasa bahagia, tetapi percayalah suatu hari pasti kita akan menangis dan berdukacita...inilah ujian dari kehidupan...dan bersyukurlah dengan ujian yang menimpa karena berarti Allah menginginkan kebaikan bagi kita..

Rasulullah bersabda: "Siapa saja yang dikehendaki Allah menjadi orang baik, maka akan diberikan ujian kepadanya." (Shahih Bukhari)

Ketahulilah wahai saudaraku...Sesungguhya Allah tidak pernah menzalimi hamba_Nya...setiap yang Allah tetapkan buat kita adalah baik sekalipun kita memandangnya buruk...begitu jugalah musibah yang menimpa. Pasti dan pasti di dalamnya terkandung hikmah yang besar bagi mereka yang mau merenunginya.


Rasulullah bersabda: "Kebaikan itu ada di tanganmu dan keburukan tidak disandarkan kepadamu." (HR Muslim)

Ketahuilah, sekian banyak hikmah dibalik musibah yang menimpa kita, antaranya:

[1] Sesungguhnya Allah Maha Berkuasa
Allah berkehendak untuk menetapkan sesuatu baik senang dan susah sedangkan kita tidak mampu untuk menghalangnya.

[2] Setiap yang buruk bagi kita belum tentu buruk bagi Allah.setiap yang baik buat kita belum tentu baik dimata Alloh
Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. Dia lebih mengetahui akan kebaikan bagi kita. Inilah hikmah yang cukup besar yang seringkali kita lupakan. Tidakkah pernah kita mendengar dan merenung firman-Nya (bermaksud): "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha Mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." {QS Al-Baqarah: 21}.

[3] Percayalah disetiap kesulitan pasti ada kemudahan
sabar dan yakinlah akan janji Allah Subhanahu Ta'ala. Allah berfirman: "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" [QS Al-Insyirah: 5]

[4] Ujian yang membawa kebaikan
Renungkan apa yang dikatakan oleh Imam Ibnu Qayyim: "Andaikata tidak ada cobaan dan musibah di dunia ini, nescaya manusia akan tertimpa penyakit sombong, bangga diri dan kerasnya hati. Semua itu akan membawa kebinasaan baik di dunia dan akhirat. Maka dengan rahmatNya yang agung, Allah memberi musibah pada sekali waktu, sebagai penjagaan dari penyakit berbahaya ini.

seperti firman-Nya: "Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu berupa sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." [QS Al-Baqarah: 155].

[5] Adanya musibah supaya kita mawas diri
Dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan nikmat dan keindahan seringkali kita lupa...yakni lupa kepada Yang Memberi Nikmat. Oleh itu ditimpakannya musibah agar kita dapat menyadari akan semua ini, bahwa setiap yang kita nikmati itu tidaklah kekal dan pasti kita semua akan dikembalikan kepada_Nya. Musibah juga adalah teguran buat kita yang sering berbuat dosa dan bermaksiat agar kembali bertaubat kepada_Nya

"Musibah yang engkau terima dari Allah lebih baik bagimu daripada kenikmatan yang melalaikanmu dari mengingat Allah."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar